Rabu, 23 Maret 2011

Wi-Fi Versus WiMax

Bermula dari pengertian itu sendiri,,
Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

WiMAX, (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.

Perbedaan Wi-Fi dan WiMax


Wi-Fi : Jangkauan terjauh sekitar 100 meter,max througput 54 mbps,typical frek.bands;2,4ghz,application;wireless lan
WiMax : Jangkauan terjauh 8 km,max througput 20 mhz band,typical frek.bands;2-11 ghz;fixed wireless broadband untuk keperluan daerah dengan geografi luas


Sumber1,Sumber2

3 komentar:

  1. blog mu dah meningkt kuz!!

    BalasHapus
  2. dek....
    lumayan...
    tp cukup terganggu dgn pertanyaan" siapa namamu ?
    ga sekalian be nanyain no telponnya....??
    hahahaha :))

    ilangin aja yo, biar terrlihat lebih indah ^^
    sebagian besar visitor ga suka sm yg ribet...^^ trmasuk mba :P

    statistic visitor seperti page rank sebaiknya jg di pasang..
    biar bs jadi perbandingan visitor blogmu
    dr mana aja???
    dan searching statistic rankmu di mbah google ^^

    BalasHapus